Learn Everything What You See . . .

Pengalaman Channel Youtube Terkena Strike

Pengalaman Channel Youtube Terkena Strike

Assalualaikum teman semuanya, kembali lagi dengam saya Rama OshiLo hehe. Dah lumayan lama sekali saya tidak nulis nulis nih

Oke kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya mengenai dunia peryoutuban. Yaps,di bulan Februari 2021 tepatnya di tanggal 4 pada malam hari saya menerima sebuah email berisi notifikasi pelanggaran. Jujur ini adalah first experience saya mengalami pelanggaran seperti ini maklum masih pemula.

Singkat cerita, biasanya saya selalu monitoring view video di channel saya lewat Youtube Studio android. Nah ketika sore menjelang magrib ketika selesai pulang kerja,saya refresh bahwa ada sebagian video saya yang tak tampil thumbnailnya. Ternyata di saat itu juga saya buka mailbox ada notif strike/pelanggaran. Wah sempat dagdigdug tuh why why ,lgsung saya check channel saya ternyata video saya sebagian yang jumlahnya sekitar 5 telah dihapus oleh youtube. Nah disini kita jangan panik, melihat dari apa kejadian ini langkah apa yang kita lakukan sebagai berikut :

1. Masuk ke bagian dasboard youtube studio via web dari hp ataupun pc. lalu lihat dipojok kiri atas ada yang namanya pelanggaran/attent violation seperti itu kurang lebihnya lalu bisa dilihat detilenya. Nah didalamnya akan ada semua infomasi deskripsi apa saja pelanggaran kita dan video apa saja yang terkena pelanggaran

2. setelah kita membuka bagian tadi maka kita kan tahu video dan pelanggaran apa saja yang kita terima. maka untuk mengantisipasinya adalah ketika kita terkena pelanggaran Copyright atau hak cipta maupun Pelanggaran komunitas maka hal yang bisa kita lakukan adalah claim/complain dengan pihak yang mengclaim hak ciptanya bisa via email ataupun lgsung mengajukan banding dengan alasan yang tepat sesuai fakta yang kalian punya. Ingat! sekali lagi pengajuan banding dan penghapusan pelanggaran hak cipta harus memiliki data yang kuat. kalau saran saya jika memang kalian sengaja kalian bisa menggunakan metode kirim permohonan email ke pihak yang memiliki hak ciptanya. Yah sedikit ngeles lah wkwkw tapi sekali lagi ini untung untungan jika pengklaim berbaik hati memaafkan/diampuni dengan catatan video kalian harus di hapus maka channel strike kalian akan di hapus juga. Namun jika kalian tidak dimaafkan maka tetap saja channel strike kalian tetap ada sampai masa pelanggaran habis.

3. Setelah kalian mengajukan permintaan maaf/pencabutan strike pelanggaran ke youtube/ke si pengklaim jika mereka tidak memaafkan maka selanjutnya kalian harus menunggu sampai masa hukuman kalian usai. Biasanya ini 1x strike hanya berlangsung 90hari atau 3 bulan. tapi jika kalian mengulanginya lagi maka akan dapat teguran ke 2 strike maka multiple timing hukuman kalian ditambah menjadi 180hari sampai 3x strike maka channel kalian akan di banned/hapus permanen oleh youtube. 

4. Et sampai kelupaan ,sembari kalian menunggu jangan lupa untuk mengikuti yang nanya copyright school dengan menonton ringkasannya dan sekaligus menjawab pertanyaannya dengan benar. untuk pertannyaannya bisa kalian cari di google banyak sekali agar jawaban kalian tepat dan lolos.

5. setelah menjawab pertanyaan yah itung itung sekolah kali yak wkwkw,ketika tiba padq saatnya masa hukuman kalian selesai maka strike kalian otomatis hilang dari halaman dasboard. maka SELAMAT channel kalian sehat kembali. biasanya penghapusan pelanggarannya 1x24 jam di hari tgl yang sama bisa paling lambat besoknya. 

6. Nah misal pencabutan hukuman tadi tak kunjung hilang/dicabut oleh Team youtube. maka kalian bisa mengirmkan feedback via Youtube app dengan masuk ke youtube app kalian dan ketikkan channel kalian,lalu klik titik 3 kanan atas untuk mencari tombol send feedback dan isikan deskripsi menurut kalian tidak kunjung di cabut padahal sudah melewati tanggal hukumannya. 

Nah setelahnya semua hilang. Harapannya adalah kita sebagai youtubet pemula bisa berhati hati lagi mengenai hal ini agar kedepannya tidak terjadi berulang lagi. eh lupa saya sebab saya kena strike karena saya pernah ngecrate logo channel saya dinsuatu web yang harusnya bayar,tp saya tidak bayar wkwkw. maklum lah indonedia gt loh suka yang gratisan eh taunya kecekal hehe. tapi dari itu saya belajar bahwa kena strike itu sakit hehe takut dan sebagainya. semoga tak terulang lagi. Aamiinn



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Tegar Ramadhanu Kariadinata, Published at 12:06 am and have 0 Pendapat

No comments: