Learn Everything What You See . . .

Kayu Bajakah Penyembuh Kangker

Kayu Bajakah Penyembuh Kangker

Bajakah adalah sebuah tumbuhan akar yang hidupnya merambat pada tumbuhan lain yang mana banyak tumbuh di pedalaman kalimantan. Asal tau saja, bajakah hanya tumbuh di kalimantan saja. Minggu-minggu ini banyak diperbincangkan bajakah dapat menyembuhkan sakit kangker segala kangker. Namun bajakah yang dimaksut penyembuh kangker ada jenisnya. Maka tidak sembarangan bajakan yang diambil dan digunakan untuk pengobatan kangker. inilah penjelasannya :
Penjelasan mengenai akar bajakah:
1. Hanya orang tetua kampung Dayak Ngaju familiar dengan jenis bajakah untuk pengobatan kanker. Perlu diingat itu hanya 1 spesies dan ratusan spesies bajakah yang ada, salah spesies ada dua kemungkinan : tidak ada pengaruhnya atau keracunan.
2. Mohon berhati hati dengan penawaran akar bajakah yang sedang booming sekarang dengan harga 500 ribu - 1 juta per bungkus. Saya khawatirkan jenisnya salah, mengingat bajakah ini ada ratusan, dan yang berwarna kuning juga ada belasan.
3. Barusan saya cek, ada yang menjual bajakah akar kuning..ya akar kuning ini memang obat, tapi obat diabetes dan gangguan fungsi hati bukan kanker.
4. Menurut Tetua kampung/ ahli pengobatan tradisional Dayak Ngaju, bajakah untuk kanker juga harus ada aturannya, tidak bisa direbus dan minum begitu saja. Paling umum aturannya adalah yang sakit ikut ke hutan untuk minum air langsung dari tebasan pertama di hutan, baru dilanjutkan dengan minum rebusannya, kedua : saat menggunakan bajakah ini tidak boleh mengkonsumsi cabe dan lada dalam bentuk apapun.
5. Setelah sembuh ada pamali khusus (pantangan khusus) yaitu TIDAK BOLEH mengkonsumsi makanan olahan yang berpengawet. Biasanya hanya disarankan makan sayur, jamur dan juhu ikan sungai segar. (Juhu = masakan khas Dayak yang dibumbui kayak masak asam kuning plus dikasih sayuran hutan atau sayur oragnik dari ladang.
6. Tidak boleh makan makanan hangus atau berkerak. Untuk ke hutan, pengambilan bajakah untuk kanker ini ada syaratnya juga...semisal beras dan telor dalam piring untuk minta ijin ke "pemilik hutan".
7. Dalam kondisi khusus, tabib tradisional juga akan mengkombinasikan dengan konsumsi bawang dayak merah dan akar benalu.
8. Untuk bajakah anti kanker hindari sok cakep memimum airnya jika ketemu di hutan jika anda sehat walfiat, karena sangat mungkin akan berefek mirip efek kemoterapi. Anda bisa muntah muntah dan rambut rontok.
9. Saya TIDAK MENJUAL bajakah Tolong yang mau beli agar ketemu orang yang memang biasa menemukannya di hutan, jangan minta kirim tanpa pantangan dan dosis yang disarankan.
10. Sekali lagi ada ratusan jenis bajakah...jangan sampai anda beli ternyata bukan yang anda inginkan. pedagang tidak bisa disalahkan karena namanya tetap "bajakah", iya kalau kena " bajakah merah" yang hanya obat diare, kalau kena bajakah tuwe atau tuba ikan..bisa modar, boro boro sembuh kanker.
Sourch : David Su.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Tegar Ramadhanu Kariadinata, Published at 12:28 am and have 0 Pendapat

No comments: