Learn Everything What You See . . .

Pengalaman yang tak terduga membeli Hp blackberry 9000 bodongan seharga 20rb

Pengalaman yang tak terduga membeli Hp blackberry 9000 bodongan seharga 20rb

Kali ini saya ingin ngeshare pengalaman saya yang tak terduga,what's ? pengalaman,
OK semua orang memiliki pengalaman dan kejadian yang telah dilakukannya entah itu menarik bahkan konyol dan gagal berantakan,
kali ini memang pengalaman saya tak bisa dianggap menarik,karena banyak hal yang saya jalani demi 1 pengalaman yang aneh ini. Ok langsung saja pembahasannya

awalnya saya mendapatkan suatu hp,ya benar Handphone bukan merk HP leptop ya hehe, , dengan kocek yang sangat murah saya mendapatkan hp ini dengan harga 20rb saja,mau tau apa hp nya? jreeeenggg,sebuah Hp Blackberry 9000 bold, gmn ? mewah bukan hehe,itu dulu pada jamannya keluar katanya sih hp itu ampe 4jt an keatas,tetapi tidak dengan sekarang ini. Tetapi jangan salah,dengan hp 20rb ini anda kira normal dan ada dust komplit semuanya? yap benar,hp ini cuman oblongan,dan parahnya adalah mati total mas bro wkwk,,lantas apakah hal saya ini sangat konyol dengan membeli hp mati tak berguna ini,ok saya beri tau awal motifnya(cieee kayak penyelidik saja nih)
awalnya saya berfikiran apapun Blackberry yang mati total tak sepenuhnya mati secara total,mereka itu ada yang mati tidak bisa detect sama sekali,lampu led juga gak hidup,apa lagi LCDnya,dengan hal ini hp yang saya beli kemarin syukur saja masih mengalami mati toal yang tidak serius yaitu tidak lednya masih hidup tapi tidak kelap kelip(emang bintang kecil) :D ,lanjut--- akhirnya dari pengalaman yang saya dapat berbulan-bulan eh seharian aja cari digoogle hehe,itu hp harus di flash ulang,ternyata tidak mempan sobat, cara lain ya benar harus dibuka mesinnya,ane cek mesinnya belum pretelan sih. dari pengamatan yang ada,saya coba untuk membuka kaleng penutup IC IC nya yang mana yang saya tuju adalah IC power, OK saya bukanlah seorang teknisi hp lho,baca arus saja saya gak paham,apa lagi ngetahui mana yang rusak,hehe.. tapi dari baca dan baca bahwa kejadian dan kerusakan tadi diakibatkan banyak faktor
1.karena batrainya rusak/aus jadi perlu beli lagi dengan batrai yang original(pinjam aja mah gratis)
2. bisa karena OS nya rusak dan perlu di install lagi
3.bisa juga karena mesinnya(masalah ini sudah serius sekali)
pertama sudah saya lakukan dengan mencari batrai yang sehat,tetapi tetap sama
yang kedua saya load or install ulang BB nya tapi tak berhasil juga
yang ketiga yaitu saatnya mencari mana IC Powernya yang rusak (katanya sih gt hehe)
dengan cara membuka dan membongkar semua casing yang ada,dan membuka kaleng penutup IC yang kita tuju , ya IC power(untuk melihat diagram/skematiknya cari saja di google banyak),saya rasa sudah yakin letak IC powernya dimana,jadi saya niatkan untuk memblowernya,agar timah pengunci kalengnya melebuh,eh kebetulan saya pinjem blower teman di konter hehe,ya buat uji coba aja sih hehe, setelah itu kebukalah kalengnya. ternyata apa pemirsa, mesinnya udah pernah di bongkar!!! wkwkwk,,, kok bisa,ya banyak Jumper sana sini(jumper bahasa awamnya adalah meghubungkan komponen 1 dengan yang lain agar bisa memecahkan solusi yang ada), jumper itu dari IC flash juga,jadi saya beranggapan ini sudah parah bgt,
perlu diketahui mengapa parah :
1. hp ini udah rusak
2. banyak jumpernya
3. yang anda perlu ketahui ini pin bb kepalanya 3xxxxx ,bahwa bb gsm only gak ada yang kepala pinnya       3,adanya mah 2 hehe,,jadi ini adalah pin cloning atau generate an,ah ribet bgt,PIN suntikan gt hehe,dan yang terakhir adalah IMEInya tidak valid,dah saya cek di numbering plan juga gak valid dan dimana-mana gak valid,jadi PARAH BGT pemirsa(emang nonton reportase yak) xixixi....
sebegitu parahnya saya tidak patah semangat dengan adanya hal ini saya jadi tambah penasaran,ya benar karena LED merah masih idup dan gak kelap kelip jadi kata temen-temen konter masih ada harapan hidup
ok,,,akhirnya baca dari google pertama kali saya memblower IC hp hahaha,,, IC nya saya panasin saja sama blower, sekitar 2 menitlah dengan suhu yang lumayan diatas 200C hehe,,,kliatan udah kayak bloyot2 gt sampingnya,pertanda timah dibawahnya udah lumer,dan saya hentikan dan dinginkan IC nya,,, saya idupin selanjutnya dengan batrai,,, hidup lednya 10 detik ------terus OK apa yang terjadi pemirsa mau BOOTING itu BB nya,YESSS ada tulisan blackberrynya hahaha...
di hati udah rasa seneng bgt,akhirnya saya pasang bautnya dan pasang semua casingnya,daftar BIS untuk paket BB nya,buat test apakah PIN nya masih bisa digunakan atau gak,ya secara nih juga pin inject,jadi apa salahnya dicoba dengan paket 5rb an sehari dulu jaja yak hehe,
coba dan registrasi ,ternyata masih bisa PIN nya,dan tembus RIM server,OK udah 2x ht saya senang dibuatnya dengan BB rongsokan ini hehe.

1 hari sudah berlalu dengan adanya BB ini saya bisa smsan,BBM an khususnya ,layarnya gede gan,empuk juga,hehe,sayangnya trackball cuy,gak kayak trackpad yang ada pada BB generasi sekarang,maklum lah jadul juga hehe...
BB pun batrai mau habis,dan saya bersiap-siap mencolokkan bb dengan charger yang sudah saya beli,jrenggg... ternyata KOIT GAN! mati tuh BB nya wkwkw,, ane kaget awalnya,tapi LED hidup ternyata,tapi 10detik dan mati 2detik,hidup lagi dan kejadian itu terulang kembali,sampai gak mau booting tuh BB. -.- dari kejadian ini ,saya blower lagi saja itu IC power BB,saya kira masih bisa lah,ehhh ternyata masih bisa gan,dan mau booting lagi...
guna dan saya gunakan lagi,ya benar suatu hari habis batrai mau saya colokkan koit lagi... ya kdang gak koit sih,tapi kadang koit,apa yang terjadi ,,,, benar,saya harus bolak balik pinjam blower teman buat tuh ngidupin lagi BB ane yang koit,mungkin udah tua kaliknya IC powernya,,,,
searching-searching bagaimana hal itu bisa terjadi yang bisa menimbulkan mati total hanya sekedar "dicolokin USB",,,hueeehhhh saya mulai habis fikiran,akhirnya saya masuk forum BB repair di facebook, untuk menanyakan apa yang membuatnya seperti itu,ane kira sih ini ada yang konslet,..tanya dan tanya akhirnya di jawab juga,ternyata yang bermasalahnya kata mastahnya adalah IC ZOKUS,,, bahhhhh apa lagi nih IC ane gak faham,xixixk.... ane cari di google letak IC zokus itu tak jauh dari IC power,,, Ok katanya harus di inul dulu(weh bahasanya inul,emang ada inul daratisstanya ya bs merbaiki ni IC) hehe...digoyang kalik katanya,cukup dipanasi saja dengan meleburkan timah di bawah IC nya.akhirnya cara itu saya lakukan,dan ternyata tetap tidak bisa. berkali kali tidak bisa, sampai pada akhirnya saya coba panasin tuh IC zokus dan power lamaaaa saja lebih dari 3menit .dan hidup tuh BB bisa booting lagi. ane yakin nih ntar pas dicolok USB bahkan dicopot batraipun koit gak mau bangun or booting nih hp,,, eh ternyata BERHASIL gan wkwkw,,, tapi kenapa berhasil ,awalnya sih saya pelajari nih,kata temen kalau charge BB yang lemah IC power n zokusnya ya matiin aja dulu powernya,terus baru colok,,,,
ok colokan pertama dipagi hari berhasil,
ok colokan ke dua di hari kedua berhasil
dan ketiga berhasil terus tidak ada kendala,
asal kalian tau,mesinnya untuk di IC power area gak ane kasih kaleng penutup gan wkwkwk... yah biarin saya,semenjak itu BB saya yg aneh ini gak rewel lagi,tapiiii masalah timbul lagi,, light keypadnya ada yang mati -.- ,akhirnya yah sampai hari ini ane biarin aje,penting mah BB masih jalan aja,mau mati semua keypad lampunya toh juga gak ada pengaruh hehe..

nah itulah pengalaman saya yang sangat aneh,semoga dari pengalaman saya ini,pemirsa bisa mengambil hikmahnya dan menjadi pembelajaran,kalau ada BB matot coba aja dibongkar sendiri hehe,,,siapa tau bisa,sukur2 bisa tambah pengalaman gan.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Anonymous, Published at 3:00 am and have 1 Pendapat

1 comment:

Unknown said...

gan, hari ini ane benerin bb monza, buset ane kemahalan beli batre, 150 rebu gan, busset dah, trus kata teknisi hp nya, udah pakek batre baru gak hidup, led hidup 3 detik kemudian mati trus kayak gitu gan, kenapa itu yah gan